Saturday 25 November 2023

Berlayar Bersama Kabin Blogging Kampung Bakat Ibu Profesional

    Pengalaman menulis blog memang sudah lama tetapi aku belum pernah mengikuti kelas atau pelatihan khusus dalam menulis di blog. Bulan Agustus lalu aku mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas yang kami sebut dengan kabin blogging. Kabin blogging ini diadakan oleh Kampung Bakat Komunitas Ibu Profesional. Ada banyak sekali kabin seperti baking, kecantikan, financial planning, desain, macrame, DIY mainan anak, berkebun, cooking, dan masih banyak lagi lainnya termasuk blogging. Informasi singkat tentang kabin blogging pernah kutulis di postingan   sebelumnya. Klik di sini

Apa saja yang dipelajari?

    Ada beberapa materi yang kami pelajari dari para Ayunda (mentor) dari kabin blogging ini, antara lain:

  • Mengenal jenis blog dan cara membuatnya bersama Ayunda Mia

  • Menentukan Niche Blog untuk personal branding bersama Ayunda Cici Fera

  • Cara menulis artikel yang menarik bersama Ayunda Mia

  • Monetisasi blog bersama Ayunda Shafira

  • Optimasi Blog dengan SEO bersama Ayunda Imawati

  • Mempercantik blog agar SEO friendly (materi spesial ayunda Marita)

    Media belajar kami adalah telegram dan zoom. Periode belajar kabin blogging ini berlangsung mulai tanggal 26 Agustus 2023 - 17 November 2023. Berikut adalah peta perjalanan kami yang diibaratkan petualangan penjelajahan laut. Aku sangat senang mengikuti gamifikasi yang diadakan oleh Ibu Profesional karena rasanya seperti benar-benar berpetualangan. Kami diberi peta, kemudian materi dari ayunda via zoom meeting, dan ada misi yang harus kami kerjakan untuk bisa mendapatkan reward berupa mutiara yang dapat kami gunakan untuk unlock the last mission yaitu mengikuti materi dari ayunda tamu.



    Materi yang disampaikan para ayunda kabin blogging kampung bakat ini sangat menarik dan bermanfaat. Aku jadi tahu hal-hal tentang dunia blogger, istilah-istilah yang digunakan dan referensi untuk belajar. Bersama dengan sekitar 30-an peserta member IP dari berbagai regional, kami belajar dan berkarya. Ada yang baru pemula, ada yang sudah punya blog tetapi belum paham banyak seperti aku, ada yang sudah mahir juga. Namun kami dapat bekerja sama, saling mengingatkan, membantu, dan menyelesaikan project kabin bersama, yaitu parade karya kabin blogging.


Misi Kabin Blogging

Ada 5 misi personal yang harus kami kerjakan dan 1 misi project bersama, antara lain: 

  1. Membuat satu blog pribadi

  2. Membuat page about yang berisi penjelasan personal branding diri masing-masing dan penjelasan niche blog yang dipilih. 

  3. Membuat satu artikel (minimal 350 kata) sesuai KBBI dan PUEBI. Klik https://www.annarakhma.com/2023/09/4-aktivitas-menarik-belajar-dan-bermain.html

  4. Menulis artikel 500 kata dan 2 gambar pendukung. Tema yang aku pilih adalah membuat artikel review barang atau jasa yang digunakan. Klik di sini

  5. Membuat artikel SEO friendly dengan tema yang aku pilih adalah  Ibu rumah tangga dengan minimal 350 kata

Klik di sini


Di akhir kelas kami membuat 1 project bersama yang dikerjakan oleh 24 orang yang mengikuti kabin blogging ini. Kami membuat e-book gratis yang berisi kumpulan tulisan tips dan life hacks tentang parenting, family activities, dan blogging. Melalui acara parade karya. setiap kabin launching karya yang telah dibuat via zoom. Acara berjalan dengan cukup lancar dan interaktif karena ada games dan hadiah di akhir sesi. 

E-book dapat diunduh secara gratis melalui link berikut. Klik di sini



Aliran Rasa

Rasanya senang bisa mengikuti kabin blogging kampung bakat karena materinya menarik dan disampaikan oleh para ayunda yang sudah berpengalaman. Banyak insight dan pengalaman yang dapat dijadikan pembelajaran untuk aktivitas blogging ke depannya. Semoga apa yang kami pelajari bisa bermanfaat dan berdampak baik bagi para pembaca blog kami. Terima kasih Kampung Bakat Ibu Profesional.






No comments:

Post a Comment